Tentang Penulis

Kita bersyukur kepada Tuhan bahwa ministri Watchman Nee dan sekerjanya Witness Lee untuk Tubuh Kristus telah menjadi berkat bagi anak-anak Tuhan di seluruh benua di bumi selama lebih dari 80 tahun. Tulisan-tulisanya telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

Watchman Nee

Watchman Nee menerima Kristus pada usia tujuh belas tahun. Ministrinya terkenal di antara kaum beriman yang menuntut di seluruh dunia. Banyak yang telah menerima bantuan dari tulisan-tulisannya mengenai kehidupan rohani dan hubungan antara Kristus dengan kaum beriman-Nya. Namun, tidak banyak orang mengenal tentang  aspek penting lain dari ministrinya, yang menekankan pelaksanaan hidup gereja dan pembangunan Tubuh Kristus. Saudara Nee menulis banyak buku mengenai kehidupan orang Kristen dan hidup gereja. Sampai akhir hayatnya Watchman Nee adalah karunia yang diberikan Tuhan untuk menyingkapkan wahyu dalam firman Allah. Setelah menderita dua puluh tahun di penjara bagi Tuhandi daratan China, ia meninggal pada tahun 1972 sebagai saksi setia Yesus Kristus.

Witness Lee

Witness Lee adalah sekerja yang terdekat dan terpercaya Watchman Nee. Pada tahun 1925, di usia sembilan belas, ia mengalami kelahiran kembali yang dinamis dan persembahan diri kepada Allah yang hidup untuk melayani Dia. Sejak waktu itu dia mulai mengkaji Alkitab secara intensif. Selama tujuh tahun pertama kehidupan kristianinya dia sangat dipengaruhi oleh Kaum Saudara Plymouth. Kemudia dia bertemu dengan Watchman Nee, dan selama 17 tahun selanjutnya, sampai tahun 1949, dia adalah sekerja Saudara Nee di China. Selama Perang Dunia Kedua, ketika China diserbu Jepang, dia dipenjarakan oleh orang jepang dan menderita karena pelayanannya yang setia kepada Tuhan. Ministri dan pekerjaan dua hamba Allah ini membawa kebangunan besar di antara orang Kristen di China, yang menyebabkan penyebaran Injil ke seluruh negeri dan dalam membangunkan ratusan gereja.

Pada tahun 1949 Watchman Nee mengumpulkan semua sekerjanya yang melayani Tuhan di China dan mengamanatkan Witness Lee untuk melanjutkan ministri di luar daratan, pulau Taiwan. Selama tahun-tahun selanjutnya, karena berkat Allah di Taiwan dan di Asia Tenggara, lebih dari seratus gereja didirikan.

Pada tahun 1960an Witness Lee dipimpin oleh Tuhan untuk bergerak keU.S.A, di sana dia menunaikan ministri dan bekerja bagi kepentingan anak-anak Tuhan selama lebih dari 35 tahun. Dia tinggal di kota Anaheim, California, dari 1974 sampai dia dijemput oleh Tuhan pada Juni 1997. Melalui bertahun-tahun bekerja di U.S.A. dia menerbitkan lebih dari 300 buku.

Ministri Witness Lee khususnya membantu orang-orang Kristen yang mencari Tuhan, yang damba mengenal dan mengalami kekayaan Kristus yang tak terduga. Melalui membukakan seluruh wahyu ilahi dalam Kitab Suci, ministri Saudara Lee menyingkapkan bagaimana mengenal Kristus bagi pembangunan gereja, yang adalah Tubuh-Nya, kepenuhan dari Dia yang memenuhi semua di dalam segala sesuatu. Semua orang beriman harus berbagian dalam ministri pembangunan Tubuh Kristus ini supaya Tubuh dapat membangun dirinya sendiri di dalam kasih. Hanya dengan merampungkan bangunan ini tujuan Tuhan dapat tergenap dan hati-Nya dipuaskan.

Karakteristik utama ministri dua saudara ini adalah mereka mengajarkan kebenaran menurut firman murni Alkitab.

Di bawah ini disajikan gambaran singkat kepercayaan utama Watchman Nee dan Witness Lee:

  1. Alkitab adalah wahyu ilahi yang lengkap, sempurna dan hembusan Allah, setiap katanya diinspirasi oleh Roh Kudus.
  2. Allah adalah satu-satunya Allah Tritunggal-Bapa, Putra, dan Roh Kudus – Secara bersamaan swaada dan saling huni dari kekekalan sampai kekekalan.
  3. Putra Allah, yaitu Allah sendiri, berinkarnasi, menjadi seorang manusia bernama Yesus, dilahirkan oleh perawan Maria, supaya Dia dapat menjadi Penebus dan Juruselamat kita.
  4. Yesus, Manusia sejati, hidup di bumi selama tiga puluh tiga setengah tahun untuk membuat Allah Bapa dikenal manusia.
  5. Yesus, Kristus yang diurapi Allah dengan Roh Kudus-Nya, mati di kayu salib karena dosa-dosa kita dan mencurahkan darah-Nya untuk merampungkan penebus kita.
  6. Yesus Kristus, setelah dikuburkan selama tiga hari, dibangkitkan dari antara orang mati, dan empat puluh hari kemudian Dia terangkat ke surga, di sana Allah menjadikan Dia Tuhan atas segala sesuatu.
  7. Setelah kenaikan-Nya Kristus mencurahkan Roh Allah utnuk membaptis anggota-anggota pilihan-Nya menjadi satu Tubuh. Hari ini Roh ini bergerak di bumi utnuk meyakinkan orang dosa, untuk melahirkan kembali umat pilihan Allah melalui membagikan hayat ilahi ke dalam mereka, untuk tinggal di dalam kaum beriman Kristus untuk pertumbuhan hayat, dan pembangunan Tubuh Kristus bagi ekspresi-Nya yang penuh.
  8. Pada akhir zaman ini Kristus akan datang kembali untuk mengambil kaum beriman-Nya, untuk menghakimi dunia, untuk memiliki bumi, dan mendirikan kerajaan kekal-Nya.
  9. Orang kudus pemenang akan meraja bersama Kristus dalam Kerajaan Seribu Tahun, dan semua orang beriman di dalam Kristus akan berbagian dalam berkat-berkat ilahi dalam Yerusalem Baru di langit baru dan bumi baru untuk selama-lamanya.