Rp 18.000

INKARNASI, INKLUSI DAN INTENSIFIKASI

Dalam buku ini, kita akan mulai membahas ketiga tahap dari Kristus, yaitu ketiga tahap sejarah dari apa adanya Kristus: inkarnasi (menjadi daging), inklusi (pencakupan, pemasukan), dan intensifikasi (penguatan, peningkatan). Kebanyakan orang beriman dalam Kristus tahu sesuatu mengenai tahap pertama dari sejarah Kristus, tahap inkarnasi; tetapi kalaupun ada, mereka hanya tahu sedikit mengenai tahap kedua dan tahap ketiga, tahap inklusi dan intensifikasi. Sudah tentu bagaimana sangat penting diterapkan ke dalam kehidupan kita.

INKARNASI

Orang-orang Kristen sangat memperhatikan perihal inkarnasi. Setiap tahun, pada hari Natal, begitu banyak kaum beriman merayakan inkarnasi Tuhan; tetapi, tidak banyak yang memahami makna yang terkandung di dalam inkarnasi tersebut. Melalui inkarnasi, Kristus sebagai Allah menjadi daging. Yohanes 1:14 memberi tahu kita bahwa Firman, yang adalah Allah sendiri, menjadi daging.

INKLUSI

Dalam kebangkitan-Nya, Kristus yang telah menjadi daging melalui inkarnasi menjadi Roh pemberi-hayat (1 Kor. 15:45b). Karena itu, Kristus telah melewati dua kali “menjadi”. Menjadi yang pertama terlihat dalam Yohanes 1:14 — Firman menjadi daging. Menjadi yang kedua terlihat dalam 1 Korintus 15:45b –Adam yang akhir (Kristus dalam daging) menjadi Roh pemberi-hayat. Dari pengkajian kita terhadap Alkitab, kita menemukan bahwa “menjadi” yang kedua ini tidak kalah pentingnya dengan “menjadi” yang pertama dalam inkarnasi. Sebagaimana akan kita lihat, Kristus menjadi Roh pemberi-hayat dalam kebangkitan memiliki banyak seluk-beluk yang boleh kita nyatakan dengan istilah “inklusi”.

INTENSIFIKASI

Tidak lama setelah terbentuk, gereja menjadi merosot. Gereja seharusnya menghasilkan Tubuh Kristus, tetapi sayang sekali, seperti yang diwahyukan dalam Surat-surat Kiriman, bahkan pada masa Paulus, gereja sudah perlahan-lahan menjadi merosot. Karena kemerosotan ini, Roh pemberi-hayat yang majemuk diintensifkan tujuh kali menjadi Roh yang diintensifkan tujuh kali (Why. 1:4; 5:6). Roh yang diintensifkan tujuh kali ini adalah untuk mengalihkan kemerosotan gereja dan menghasilkan para pemenang sehingga Tubuh Kristus dapat dibangun secara riil untuk merampungkan Yerusalem Baru, yang merupakan sasaran unik dan kekal dari hasrat hati Allah.

Additional information

Weight 75 g
Dimensions 13.5 x 20.5 cm

Leave a Reply